Nevus

Nevus

Nevus adalah bercak berwarna yang ada diatas permukaan kulit. Nevus terbagi dalam berbagai macam type, diantaranya nevus melanocytic yang di kenal dengan arti ‘tahi lalat’ serta giant hairy nevus yang butuh diwaspadai karna sekitaran 10-15% bisa berkembang jadi ganas manjakani perapat

Jika diketemukan bercak pada kulit, bawalah diri Anda ke dokter kulit untuk memperoleh perlakuan yang pas serta sesuai sama.

Komplikasi

Nevus yang berkembang jadi ganas sangat beresiko serta cukup susah untuk dikerjakan. Pada bayi, giant congenital nevus bisa mengakibatkan masalah tumbuh kembang. Bercak seperti sinyal lahir atau tahi lalat yang terkena polusi, cahaya ultraviolet, serta bahan kimia beresiko juga menaruh potensi untuk berkembang jadi melanoma—salah satu type kanker kulit.

Komplikasi ke-2 adalah neurocutneous melanocytosis, yaitu satu diantara bentuk masalah saraf. Saat produksi sel melanin jadi pelindung kulit dari cahaya ultraviolet bertambah, melanin bisa masuk ke otak atau tulang belakang, tempat berkumpulnya saraf. Resiko terjadinya hal semacam ini memanglah kecil, cuma sekitaran 7 %. Tetapi, pasien yang terserang komplikasi juga akan alami masalah saraf, seperti kejang, pingsan, sampai muntah-muntah.

Diagnosis

Nevus bisa didiagnosis berdasar pada deskripsi klinis. Umumnya, bercak nevus berupa kubah atau berkutil. Terkadang terdapat di kaki serta berupa seperti huruf D.

Warnanya juga bisa beragam dari cokelat sampai hitam. Ukurannya umumnya tidak besar, sekitaran 24 mm. Bercak nevus dalam satu ruang dapat tunggal atau ganda, serta seringkali tumbuh di ruang muka atau leher.

Tanda

Pada intinya, nevus tidak memberi tanda apapun bila memanglah berbentuk jinak. Walau sekian, Anda butuh mengetahui sinyal tanda nevus berkembang jadi ganas, seperti :

Luka serta perdarahan yang tiba-tiba

Bercak jadi membesar serta warna makin gelap

Menebar ke kulit sekitarnya

Di sekelilingnya ada bercak yang lebih kecil mengelilinginya

Radang kulit yang keluar dengan tiba-tiba

Nyeri

Gatal

Penyembuhan

Biasanya nevus tidak membutuhkan therapy, terkecuali apabila pasien inginkan nevus diangkat atau dokter mencurigai perubahan ke arah keganasan. Therapy yang diambil adalah eksisi simpel nevus yang dicurigai ganas.

Eksisi adalah operasi kecil dengan lakukan anastesi setempat serta bisa dikerjakan oleh seseorang dokter umum tanpa ada mesti datang ke rumah sakit serta tanpa ada masuk ke kamar operasi.

Aksi ini cukup aman dengan standard operasional serta tingkat kesterilan yang baik, hingga tidak berlangsung resikonya yang mencemaskan pascaoperasi. Tetapi karna datang dari beberapa sel melanosit yang membuat perlindungan kulit dari rusaknya, jadi tak ada yang dapat dikerjakan untuk menghindar terjadinya nevus.

Penyebab

Nevus datang dari beberapa sel melanosit pembentuk warna kulit serta rambut. Nevus biasanya keluar waktu lahir atau selekasnya sesudah lahir, paling banyak pada dewasa muda, serta alami penurunan pada orangtua.