Noma

Noma

Noma atau infeksi jaringan mulut adalah penyakit yang mengakibatkan kerusakan jaringan mulut (orofasial) serta susunan di sekelilingnya. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak dibawah umur 12 th.. Noma tidak sering menyerang orang dewasa baca juga

Walau bermula dari sisi dalam mulut, noma dapat menebar ke ruang beda. Sering ruang wajahlah sebagai sasarannya. Apabila selalu dilewatkan, infeksi ini juga akan menggerogoti jantung serta organ vital yang lain.

Infeksi yang dalam bhs medisnya di kenal jadi cancrum oris atau gangrenous stomatitis ini mempunyai angka kematian yang tinggi. Bahkan juga noma bisa membunuh lebih cepat dari pada AIDS.

Gizi jelek serta minimnya problem kebersihan seringkali dihubungkan dengan noma. Hal semacam ini merujuk pada angka peristiwa yang begitu tinggi di sebagian negara berkembang seperti Nigeria serta Senegal. Studi yang dikerjakan beberapa pakar temukan kalau tiap-tiap th., lebih dari 100. 000 masyarakat Nigeria wafat dunia karena serangan noma.

Diagnosis

Diagnosis pada infeksi jaringan mulut atau noma dikerjakan lewat kontrol bakteri. Bakteri yang dicurigai mempunyai kaitan dengan infeksi ini adalah bakteri Fusobacterium necrophorum.

Diluar itu dapat juga dikerjakan kontrol penambahan. Sebagian kontrol penambahan yang dianjurkan adalah kontrol photo X-Ray serta CT scan. Maksudnya adalah untuk ketahui penebaran ke jaringan beda.

Tanda

Ada gejala-gejala infeksi jaringan mulut atau noma yang dapat dikenali. Seperti rusaknya pada bibir, pinggir mulut, hidung, pipi, serta terkadang kelopak mata sisi bawah, yang didahului dengan kisah luka yang menghitam.

Diluar itu bisa berlangsung rusaknya atau luka pada membran mukosa mulut. Bahkan juga dapat mengakibatkan kerusakan jaringan tulang di wajah. Rusaknya yang berlangsung pada otot pengunyah bisa mengakibatkan trismus (kaku rahang) hingga penderitanya juga akan alami kesusahan menelan.

Pada kondisi awal bisa tampak ada radang gusi (gingivitis), kematian jaringan mukosa, serta luka di mulut yang luas. Noma dapat juga mengakibatkan rusaknya jaringan di kemaluan. Keadaan ini dimaksud dengan arti noma pudenda.

Terdapat banyak komplikasi yang dapat berlangsung pada infeksi jaringan mulut atau noma, seperti :

Dehidrasi

Sepsis (infeksi berat)

Masalah nafas

Kelainan susunan wajah

Stres psikologis

Penyembuhan

Perlakuan untuk infeksi jaringan mulut atau noma bisa dikerjakan lewat pemberian antibiotik, cairan untuk menghindar dehidrasi, makanan lewat infus, serta perlakuan luka. Diluar itu dapat juga dikerjakan operasi bedah plastik untuk rekonstruksi muka serta sendi rahang.

Penangan dirumah bisa dikerjakan dengan penuhi keperluan gizi lewat pemberian nutrisi yang sehat serta seimbang. Jauhi dehidrasi dengan adanya banyak minum air putih. Bila ada luka, janganlah menerapkan atau menyembuhkan tidak ada saran dokter.

Dapatkah noma dihindari? Dapat. Mencegah pada infeksi jaringan mulut atau noma dapat dikerjakan dengan meyakinkan keperluan nutrisi terpenuhi, terlebih pada anak. Diluar itu begitu perlu untuk memperhatikan kebersihan serta sanitasi.

Penyebab

Penyebabnya paling utama infeksi jaringan mulut atau noma adalah bakteri Fusobacterium necrophorum. Tetapi ada pula sebagian bakteri beda yang dicurigai bisa mengakibatkan penyakit ini. Seperti bakteri Borrelia vincentii, Staphylococcus aereus, prevotella intermedia.

Diluar itu, tersebut disini sebagian aspek resiko yang bisa tingkatkan peristiwa penyakit noma :

  • Malnutrisi
  • Imunitas yang rendah
  • Kebersihan mulut yang kurang
  • Sanitasi yang buruk
  • Tinggal berdekatan dengan binatang
  • Air minum yang kurang bersih
  • Penyakit imunodefisiensi seperti AIDS
  • TBC
  • Infeksi typhoid
  • Disentri
  • Leukemia
  • Batuk rejan
  • Campak