Somnabulisme—Ketika Anda Berjalan Saat Tidur

Somnabulisme—Ketika Anda Berjalan Saat Tidur

Somnabulisme adalah satu keadaan dimana seorang jalan atau bergerak ke seputar tempat tidur walau sebenarnya tengah tertidur lelap. Waktu merasakannya, Anda bisa jadi lakukan beragam kesibukan seperti telah sadar, seperti bertukar baju, pergi ke kamar mandi, atau mengubahkan barang manjakani kanza untuk program hamil

Karna bisa mengakibatkan kecelakaan serta membahayakan jiwa, sebaiknya Anda selekasnya menanganinya serta ambil beberapa langkah pengamanan di sekitar tempat tinggal. Anda pasti tidak ingin anak atau anggota keluarga jadi korban cuma dikarenakan jalan waktu tidur bukan? Terlebih dulu, kenali terlebih dulu tandanya!

Sebagian Tanda Jalan waktu Tidur

Anda alami somnabulisme bila saat tidur Anda :

Duduk ditempat tidur sembari membuka-tutup kelopak mata

Ekspresi muka yang lesu dan mata sayu

Jalan ke seputar tempat tinggal sembari lakukan satu kesibukan, umpamanya menyalakan atau mematikan lampu.

Bicara atau bergerak dengan tidak menentu atau tidak biasa

Tanda diatas sering berlangsung ketika tidur Anda masuk step tidur NREM (Non Rapid Eye Movement) serta dimuka tidur—sekitar 1-2 jam sesudah tertidur.

Menurut National Sleep Foundation, Anda dapat serta memanglah mesti membangunkan seorang yang jalan waktu tidur. Tetapi kerjakanlah lewat cara yang lembut supaya jangan pernah membuatnya cemas. Walau sekian, orang yang jalan sembari tidur umumnya susah disadarkan serta seringkali kebingungan saat dibangunkan, jadi Anda butuh membimbingnya kembali pada tempat tidur.

Keamanan untuk Aktor Jalan waktu Tidur

Anda akan tidak sadar dengan kondisi sekitaran pada saat alami somnabulisme, oleh karenanya Anda memiliki resiko mencederai sendiri, terutama karna tersandung serta terjatuh. Bila Anda relatif jalan waktu tidur, baiknya kerjakan pelajari keamanan di lingkungan tempat tinggal Anda.

Pelajari ini termasuk juga singkirkan kabel listrik dari lantai, mengunci pintu serta jendela sebelumnya tidur, dan menggeser perabotan supaya tidak menghambat peluang jalur jalan Anda. Bila kamar tidur Anda ada di lantai atas, gunakanlah penghambat di tangga agar Anda tidak terjatuh.

Diluar itu, ikutilah beberapa langkah tersebut untuk kurangi kecenderungan jalan waktu tidur.

Cukup Tidur. Kelelahan bisa menyebabkan tingkah laku somnabulisme, coba untuk tidur lebih awal atau mengambil keputusan jam tidur yang teratur.

Kerjakan Kebiasaan yang Buat Santai sebelumnya Tidur. Umpamanya membaca buku, mengurutkan puzzle, atau berendam di air hangat sebelumnya tidur.

Kurangi Stres. Kenali beragam hal yang buat stres serta cari info langkah mengatasinya, artikel ini bisa menolong Anda untuk menyembuhkan stres.

Ketahui Alur Jalan waktu Tidur. Buat catatan harian mengenai alur tidur Anda dalam sekian hari. Tulis kapan kesibukan jalan diawali sesudah tertidur, bila saatnya relatif sama sehari-harinya, minta pertolongan anggota keluarga atau orang yang lain yang serumah untuk membangunkan Anda sekitaran 15 menit sebelumnya episode jalan waktu tidur diawali. Tetaplah terbangun paling tidak 5 menit sebelumnya kembali tidur.

Butuh diingat, keadaan jalan waktu tidur (terutama pada anak-anak) umumnya juga akan mereda dengan sendirinya serta bukanlah keadaan medis yang beresiko. Tetapi bila berlangsung bersamaan dengan masalah tidur atau penyakit beda, seperti sindrom kaki gelisah, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter supaya memperoleh perlakuan yang pas.